Skip links

Bagaimana Memilih Web Hosting Yang Tepat

Dalam menentukan pilihan layanan hosting penting untuk memastikan hosting yang Anda pilih benar-benar tepat dan dapat diandalkan untuk kebutuhan website Anda, terlebih lagi jika website yang ingin Anda online kan adalah website bisnis. Memilih hosting tidak sekedar hanya dapat membuat website Anda dapat diakses oleh orang lain, tetapi ada faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan yaitu layanan terkait yang ditawarkan untuk pengelolaan server dan software, kemudian support, bandwidht, kecepatan hosting dll.

Berdasarkan cara mendapatkannya web hosting dibagi menjadi dua, yaitu: 1. Web hosting gratis 2. Web hosting berbayar. Mana yang terbaik untuk anda dari kedua itu akan sangat bergantung pada jenis website anda, untuk menentukan web hosting mana yang akan anda gunakan, pastikan anda memperhatikan aspek-aspek terkait, yang dijelaskan sebagai berikut :

Layanan Web Hosting Gratis

Limitasi Bandwidth

Bandwidth (Umumnya dikenal sebagai traffic atau data transfer) adalah jumlah bytes yang dibutuhkan untuk mentransfer website Anda kepada setiap pengunjung ketika mereka mengakses website Anda. Sebelum memutuskan menggunakan web hosting gratis, apakah space hosting yang disediakan cukup untuk kebutuhan Anda ? Umumnya website yang tidak menyediakan video atau musik menggunakan kurang dari 3 gigabytes bandwidth setiap bulannya. Namun apabila ada kemungkinan website Anda mengalami ekspansi dimasa depan maka tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menggunakan web hosting berbayar.

Mengetahui ukuran dan kemungkinan berapa banyak pengunjung website perharinya adalah hal penting sebelum memilih web hosting gratis, karena pada praktiknya banyak web hosting gratis memberikan limitasi terhadap traffic yang dapat website Anda gunakan dalam jangka waktu harian atau bulanan. Jika website Anda terdapat banyak gambar,video atau musik yang kemungkinan besar traffic yang digunakan melebihi limit yang diberikan per hari, per minggu, per bulan maka bukan tidak mungkin website Anda akan didisable oleh penyedia hosting karena telah melanggar kontrak perjanjian, atau bahkan Anda akan menerima tagihan atas kelebihan traffic yang website Anda gunakan.

Periklanan (Advertising)

Selain bandwidth, periklanan atau advertising juga perlu menjadi perhatian, karena banyak meskipun tidak semua web hosting gratis akan mengirimkan iklan pada halaman website Anda biasanya untuk menutupi biaya penyediaan web hosting gratis yang dipakai oleh Anda. Dimana ketika ada yang mengunjungi website akan muncul pop-ups notifikasi iklan, dan biasanya website yang dipenuhi dengan iklan seperti itu dianggap sebagai website dengan kualitas rendah dan bahkan mungkin bisa mengandung spam, orang-orang akan menghindari itu dan segera menutup website Anda. Jika ingin menghindari hal seperti itu, Anda perlu membaca ketentuan yang dibuat oleh penyedia web hosting gratis, apakah mereka mengirimkan iklan ke website Anda sebagai ganti web hosting gratis yang akan Anda gunakan.

Baca juga:  Apa Itu Domain?

Opsi Upgrade

Tak kalah penting untuk diperhatikan juga, yaitu apakah web hosting yang diberikan dapat ditingkatkan spesifikasinya?. Kebanyakan website-website baru akan menggunakan shared hosting yang memang cukup powerfull untuk kebutuhan website saat ini. Tetapi apabila website telah bertumbuh menjadi besar seiring waktu, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan server yang lebih powerfull seperti misalnya vps atau dedicated server. Jadi pastikan web hosting dapat diupgrade dan prosesnya secepat mungking.

Layanan Web Hosting Berbayar

Berikut ini beberapa aspek yang menjadi alasan mengapa anda dianjurkan untuk menggunakan web hosting berbayar.

Uptime (reliability)

Keandalan atau reliability merupakan syarat penting dalam memilih layanan web hosting baik gratis ataupun berbayar. Tetapi dalam hal reliability Anda hanya dapat berharap terhadap pilihan hosting berbayar. Seperti misalnya Anda menginginkan website Anda online 24/7 tanpa sekali pun down, maka untuk mendapatkan itu Anda harus menempatkan website pada server yang reliable dan koneksinya stabil. Untuk memeriksa reliability dari suatu server hosting, Anda dapat melihat history uptime atau dapat juga dengan membaca review-review yang telah pelanggan lain berikan.

Website yang sulit diakses atau mungkin kadang down akan membuat pengunjung, customers pergi dan membuat pendapatan Anda menurun drastis. Misalkan ada pelanggan yang mengunjungi website Anda, dan website Anda hanya menampilkan host unrecheable atau unvailable, maka pelanggan tidak akan menunggu sampai website Anda dapat diakses kembali, melainkan akan pergi ke website kompetitor. Website yang lambat diakses akan membuat frustasi para pengunjung setia (atau bahkan Anda sebagai pemilik website akan merasakan hal yang sama ketika ingin mengupload kontent baru).

Besaran Bandwidth Yang Diberikan

Dalam memilih hosting plan pastikan Anda memilih plan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan website dan juga penting untuk membaca dan memahami berbagai limitasi yang dikenakan pada plan hosting. Karena apabila website Anda berisi banyak video, audio tentu website Anda membutuhkan bandwidth yang lebih besar, Anda perlu memilih hosting plan yang bisa memenuhi kebutuhan itu.

Dukunga Fitur PHP,.htaccess,SSH,MySQL,FTP dll

Dukungan fitur-fitur yang sangat penting untuk produktifitas website anda:

  • Pastikan ketika Anda ingin menginstall atau menggunakan fitur PHP atau Perl Anda bisa melakukannya sendiri, tanpa perlu lagi meminta persetujuan dari penyedia layanan, karena apabila untuk menggunakan fitur tersebut perlu persetujuan makan waktu Anda akan terbuang karna harus menunggu jawaban dari penyedia hosting.
  • Pastikan Anda dapat melakukan modifikasi terhadap file .htaccess yang berguna misalnya ketika Anda ingin meng-kustomisasi halaman error (pesan yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website yang sudah tersedia lagi pada website), melindungi website dari pencurian bandwidth dan hotlinking dll. serta untuk mengamankan folders dengan kata sandi.
  • FItur SSH pada hosting sangat berguna apalagi untuk melakukan operasi databases MYSQL dan melakukan management system terhadap blog atau website konten Anda.
  • FTP kependekan dari file transfer protocol merupakan fitur yang tersedia pada hosting sebagai metode untuk mentransfer website content dan file lain dari komputer lokal Anda ke hosting, sehingga website Anda dapat dilihat oleh siapa saja dan dari mana saja.
Baca juga:  Apa Itu Domain?

Control Panel Yang Powerfull

saat ini cPanel merupakan panel kontrol yang paling populer industri, hadir dengan tujuan yang memungkinkan Anda sebagai admin atau pengguna hosting untuk dapat memanagemen setiap aspek akun web hosting Anda sendiri. Anda dapat melakukan monitoring, kustomisasi ataupun installasi secara mandiri melalu panel kontrol hosting tanpa harus menunggu bantuan dari technical support untuk melakukan hal-hal tersebut. Panel kontrol atau cPanel, menyediakan dashboard yang terlihat cukup simple, yang memungkinkan Anda mengelola resource hosting, alamat email, password account dan aspek-aspek lain dari website. Dengan cPanel dapat menghemat waktu Anda mengelola hosting tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan setiap Anda ingin merubah seseuatu pada hosting Anda karna meminta techincal support atau operator untuk mengubahnya.

Dukungan Penggunaan Multiple Domain Hosting

Umumnya memiliki lebih dari satu domain adalah hal yang biasa, apalagi harga domain saat terbilang cukup murah bahkan jika banyak penyedia hosting memberikan domain gratis apabila Anda membeli hosting mereka. Dalam kasus ini Anda ingin mengelola dan mengeakomodasi domain tambahan dengan space hosting yang ada, hosting proses seperti itu telah disederhanakan, yang memungkinkan Anda menghosting lebih dari satu domain dalam satu akun yang sama. Setiap website yang dihosting terpisah tetapi dalam satu akun yang sama disebut dengan add-on domain. Jumlah add-on domain yang diizinkan bergantung pada hosting plan, maka apabila ingin membuat lebih banyak add-on domain pastika hosting plan yang Anda pilih mendukung itu.

Harga Web Hosting

Dalam web hosting Anda akan mendapatkan apapun atas apa yang Anda bayar. Apabila website Anda berisi konten sederhana tanpa video atau yang tidak membutuhkan traffic terlalu besar, maka estimasi biaya web hosting yang Anda bayar pertahunnya antara Rp15000 sampai dengan Rp250.000, untuk website yang membutuhkan kapasitas yang lebih besar mungkin Anda perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp250.000 dan seterusnya.

Baca juga:  Apa Itu Domain?

Para penyedia hosting kebanyakan memberikan fleksibilitas terhadap pelanggan untuk memilih rencana pembayaran yang diinginkan, biasanya pembayaran bulanan dan tahunan. Pembayaran tahunan biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan pembayaran bulan jika diakumulasikan. Setelah Anda memastikan layanan yang ditawarkan dapat di andalkan Anda mungkin dapat beralih ke pembayaran tahunan untuk mendapat harga yang lebih murah. Atau apabila dirasa hosting plan yang dipilih tidak sesuai ekspektasi, Anda dapat beralih ke hosting plan yang lain.

Yang terakhir dari bagian host adalah soal renewal atau pembaruan paket, jika dirasa Anda puas terhadap harga paket hosting yang digunakan, Anda dapat melakukan renewal paket hosting tersebut, dan dalam norma idustri harga pendaftaran akan selalu lebih murah dari pada harga renewal. Jika Anda tidak mau melakukan renewal artinya Anda harus berpindah web hosting setiap tahunnya, itupun jika Anda menginginkannya.

Dukunga Fitur Email

Apabila Anda berniat untuk menghost akun email bersamaan dengan website, pastikan apakah web hosting memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi alamat email menggunakan domain yang Anda inginkan, umumnya jumlah limitasi email yang diizinkan mirip seperti addon-domain. Menggunakan email dengan nama domain yang random yang tidak terkait dengan domain yang dimiliki apalagi email untuk kebutuhan bisnis, akan lebih terlihat profesional apabila email Anda seperti [email protected] dari pada sales.<domainAnda>@gmail.com.

Namun fitur email seharusnya tidak terlalu menjadi penentu pemilihan web hosting, karna masih banyak pilihan untuk menggunakan email dengnan domain yang Anda miliki.

Dukungan Technical Support 24/7

Yang tak kalah penting untuk menjadi pertimbangan adalah soal bantuan teknis yang disediakan oleh para penyedia layanan. Umumnya penyedia layanan ini secara gamblang membanggakan bahwa layanan yang mereka berikan dilengkapi dengan technical support yang siap sedia membantu para pelanggan 24/7 atau 365 tanpa henti dalam promosinya. Dengan bantuan teknis 24/7 akan sangat membantu dalam situasi dimana Anda membuat suatu kesalahan atau terjadi suatu kesalahan yang menyebabkan gangguan terhadap website.

Atau misal Anda berada pada situasi yang tidak terlalu urgen, mungkin Anda ingin menyelesaikan masalahnya sendiri. Untuk itu pastikan bahwa penyedia hosting tempat Anda menghost website menyediakan knowledge base atau FAQ yang dapat membantu meningkatkan pemahaman Anda. Anda lebih suka langsung menghubungi bantuan teknis baik melalui chat telepon atau lebih suka menyelesaikan masalah sendiri dengan bantuan dokumentasi yang disediakan, maka pastikan penyedia layanana memiliki itu.

Leave a comment