Skip links

Mengenal Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum, VPN juga dapat berarti sebagai sebuah jaringan virtual pribadi. Maksudnya adalah, user nantinya akan memiliki sebuah jaringan pribadi tersendiri untuk melakukan akses terhadap internet, akan tetapi jaringan pribadi tersebut dibuat secara virtual oleh fitur yang dimiliki oleh PC desktop ataupun program lainnya.

Nah, di artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenal vpn, fungsinya serta hal-hal lain yang wajib Anda ketahui. Yuk disimak!

Mengenal Apa itu VPN ?

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah teknologi komunikasi yang menggunakan koneksi private (pribadi) yang dapat terhubung ke sebuah jaringan publik. Dengan menggunakan VPN, ibaratnya kita seakan-akan membuat jaringan di dalam sebuah jaringan yang sama.

Hebatnya, jaringan yang terbentuk oleh VPN bersifat pribadi, yang artinya di mana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Bahkan, data yang dikirimkan oleh jaringan VPN akan terenskripsi otomatis sehingga tetap menjadi rahasia meskipun anda mengaksesnya melalui jaringan publik.

VPN pastinya menggunakan salah satu dari tiga protokol teknologi jaringan, seperti PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security atau yang biasa disingkat menjadi IPSec.

contoh gambaran tentang koneksi VPN yang terhubung menggunakan protokol PPTP. PPTP (Pont to Point Tunneling Protocol) adalah suatu protokol jaringan yang mengizinkan hubungan Point-to Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network (VPN).

Baca juga:  Perbedaan KVM, OpenVZ, dan XEN VPS

Secara garis besar menggunakan VPN dapat mengakses sebuah jaringan secara private atau pribadi, serta bisa mengakses tiap jaringan secara remote (jarak jauh).

Bagaimana Cara Kerjanya VPN?

Cara kerja VPN adalah menyembunyikan alamat Internet Protocol (IP address) dengan mengubah jalur koneksi untuk melewati sebuah server milik sebuah penyedia VPN yang berada di lokasi berbeda. Artinya, saat kamu menggunakan internet dengan VPN, lokasi server VPN tersebut akan terdeteksi sebagai asal koneksi kamu.

Dengan demikian, penyedia layanan internet kamu (ISP) ataupun pihak-pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat website mana saja yang kamu kunjungi atau data apa saja yang kamu kirim dan terima.

Singkatnya, VPN mengubah semua data kamu menjadi angka-angka yang tidak masuk akal, sehingga meskipun ada pihak yang dapat membaca data kamu, mereka tidak akan dapat menggunakan informasi di dalamnya.

Fungsi dan manfaat VPN

Ada banyak kegunaan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan layanan VPN ini, salah satunya adalah remote access. Pada penggunakan remote access ini anda bisa mengizinkan sebuah akses internet dari jaringan kantor dimanapun dan kapanpun anda berada. Sekalipun anda saat akses internet menggunakan jaringan luar, tapi ketika anda menggunakan VPN akan dikenal dengan jaringan kantor.

Baca juga:  Tips Memilih Colocation Server Indonesia Terbaik

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapat saat menggunakan VPN, sebagian besar terkait keamanan koneksi kamu. Berikut adalah beberapa kegunaan VPN lainnya:

    • Mengamankan identitas pribadi

Manfaat VPN pertama yaitu menyembunyikan semua kegiatan kamu selama berada di jaringan internet. Enkripsi data yang dilakukan oleh VPN menghalangi pihak-pihak ketiga dari membaca informasi tentang siapa kamu, dari mana kamu mengakses internet, apa saja yang kamu baca, dan sebagainya.

    • Membuka situs yang diblokir

Salah satu kegunaan dari jaringan VPN adalah memblokir konten yang dikunci oleh penyedia internet atau pemerintah setempat. Beberapa situs seperti Reddit, Vimeo dan situs lain yang ditutup aksesnya dapat kamu buka dengan menggunakan VPN.

    • Mengamankan data di jaringan publik

Saat kamu menggunakan Wi-Fi gratis sekolah, kampus, atau jaringan publik lainnya, maka data pribadi kamu secara tidak langsung terhubung dengan orang-orang lain yang menggunakan jaringan tersebut. VPN dapat membantu mengamankan perangkat dan data kamu dari ancaman pencurian data saat berada di jaringan publik.

Tindak kriminal seperti pencurian data akan lebih mudah dilakukan apabila Anda seringkali menggunakan sumber internet yang bersifat publik. Dalam menghindari terjadinya hal-hal seperti pembajakan nomor kartu rekening dan sebagainya, kita diwajibkan untuk memakai VPN dan sehingga walaupun memakai internet yang bersifat publik, kita akan tetap aman dalam bertransaksi.

    • Mengenkripsi data
Baca juga:  Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Saat kamu menggunakan VPN, seluruh data pribadi kamu akan dienkripsi. Enkripsi adalah proses penyamaran data menjadi angka dan huruf acak sehingga tidak dapat dibaca secara langsung.

Untuk membaca data tersebut, diperlukan kunci enkripsi sehingga hanya pihak-pihak tertentu yang dapat membaca data kamu.

    • Mengakses konten regional

Konten regional biasanya hanya tersedia untuk pengguna yang berada di wilayah tersebut. Dengan VPN, kamu dapat mengatur lokasi kamu ke berbagai wilayah untuk mengakses konten regional daerah tersebut.

Contohnya dulu, Netflix menyediakan serial TV dan film yang berbeda untuk masing-masing negara. Jika kamu menggunakan VPN, kamu dapat mengakses konten yang tidak tersedia di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Tidak ada sistem yang sempurna, pasti kelebihan dan kekurangannya. begitu pula dengan server VPN. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan VPN? Mari kita bandingkan.

Kelebihan VPNKekurangan VPN
Informasi pribadi terjagaKecepatan (latency) internet berkurang
Keamanan koneksi yang lebih baikSambungan internet tidak stabil (tergantung tipe protocol yang digunakan)
Dapat mengakses website terblokirAdanya batas penggunaan VPN
Membuka akses ke konten regionalMemerlukan pengaturan manual

Begitulah pengertian tentang VPN anda cara kerjanya yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan sebuah koneksi internet yang aman dan terjamin keamanannya.

Leave a comment