Skip links

Throughput

Throughput

Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.

Apa Itu Throughput?

Throughput merepresentasikan seberapa banyak kapasitas bandwidth yang sebenarnya terpakai. Throughput adalah jumlah data yang benar-benar terkirim dalam satu waktu tertentu. Satuan yang digunakan sama seperti bandwidth, yaitu bits per second (bps). Terkadang juga dihitung dengan menggunakan satuan data packets per second (pps).

sebagai analogi, kita bisa menggunakan jalan tol dan mobil. Jika maksimal ada 30 mobil yang bisa melalui jalan tol dalam waktu satu detik, maka bandwidth jalan tol tersebut adalah 30 mobil.

tidak mungkin setiap detik selalu ada 30 mobil yang melalui jalan tol tersebut. Karena sebab tertentu, bisa saja yang melaju hanya 22 mobil atau bahkan kurang. Jumlah mobil yang benar-benar melintas inilah yang disebut throughput.

Dalam keseharian seringkali nilai throughput lebih kecil lebih kecil daripada bandwidth. Oleh karena itulah paket-paket langganan internet selalu ditulis dengan embel-embel up to seperti up to 10 Mbps, Up to 50 Mbps, Up to 100 Mbps, dan seterusnya.

Leave a comment