Mengenal Aplikasi Feeder, PDDIKTI, PIN, SIVIL, SISTER, Ban-PT, Kedaireka dan lainnya di Kemendikbud

Mengenal Aplikasi Feeder, PDDIKTI, PIN, SIVIL, SISTER, Ban-PT, Kedaireka dan lainnya di Kemendikbud

Seiring terus berkembangnya teknologi, negara Indonesia terus membenahi setiap sistem tata kelolanya diberbagai sektor demi mewujudkan sistem tata kelola yang efisien dan efektif. Khususnya saat ini dibidang pendidikan, dimana kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) sebagai lembaga pemerintah yang telah diberi tanggung jawab untuk mengelola bidang pendidikan dan kebudayaan
telah meluncurkan berbagai platform atau aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tetapi meskipun begitu terkadang masih saja ada tenaga pengajar seperti dosen, atau civitas kampus yang belum mengetahui adanya platform yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung bahkan memudahkan sistem operasional dosen ataupun kampus.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dijelaskan berbagai platform yang telah diluncurkan oleh Kemendikbud yang diperuntukan kepada perguruan tinggi seperti misalnya platform PDDikti, Kedaireka dan masih banyak lagi. Nama-nama platform atau aplikasi tersebut biasanya berdasarkan singkatan dari program program yang dijalankan oleh Kemendikbud.

Berikut daftar platform yang telah diluncurkan Kemendikbud :

1. Feeder PDDikti

Feeder PDDikti adalah aplikasi atau sistem yang telah disediakan oleh Dikti yang dipergunakan untuk melakukan pengelolaan data di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta. Masing-masing perguruan tinggi mengelola langsung operasionalisasi aplikasi untuk melakukan sinkronisasi data perguruan tinggi ke database Forlap/PDDikti.

2. PDDikti Kemendikbud

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau disingkat PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Menurut Permenristekdikti Nomor 61 Tahun 2016, fungsi dari PDDikti yaitu sistem yang menghimpun
data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Pergerakan PDDikti dalam mengumpulkan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi akan dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi.

3. PDDikti Mobile

PDDikti mobile merupakan aplikasi PDDikti yang berbasis mobile, yang dikelola oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan hadirnya aplikasi ini sebagai rujukan informasi Perguruan Tinggi, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna (calon mahasiswa/mahasiswa) yang ingin mengakses informasi data seputar Perguruan Tinggi serta civitas akademika dari manapun dan kapanpun.

4. SIGAP PDDikti

Sistem Informasi Pengelola PDDikti atau disingkat SIGAP PDDikti merupakan aplikasi yang dikelola oleh Tim Pusdatin, bertujuan untuk menjadi wadah komunikasi atau Forum Diskusi antara PDDikti kampus dengan Tim Teknis PDDikti. Melalui aplikasi ini Tim PDDikti Pusat akan membantu Pengelola/Operator PDDikti mengatasi permasalahan dalam Feeder.

5. SIVIL Kemendikbud

SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL), merupakan platform yang berfungsi untuk melakukan verifikasi Ijazah yang telah dikeluarkan oleh Perguruan tinggi. SIVIL dibawahi oleh
Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

6. PIN Kemendikbud

PIN adalah akronim dari Penomoran Ijazah Nasional, yaitu proses penomoran  ijazah dengan menggunakan aplikasi untuk menghasilkan nomor ijazah yang diterbitkan oleh dikti dan berlaku secara nasional.

7. SISTER Kemendikbud

Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi atau disingkat SISTER, merupakan salah satu dari banyak website pendukung kinerja Dosen, yang menjadi bentuk program dari Kemendikbud yang telah diluncurkan melalui Direktorat Jendral Sumber Daya Iptek dan Dikti,

8. Kedaireka Kemendikbud

Berangkat dari visi Kampus Merdeka, Kedaireka wujudkan kemudahan sinergi  kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia.

kedaireka merupakan akronim Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta. Reka cipta merupakan sebuah upaya revitalisasi dan aktualisasi terhadap sebuah karya, agar kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh semua elemen secara efisien dan efektif.

9. Ban-PT

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disingkat BAN-PT adalah badan akreditasi yang telah memperolah wewenang dari Kemendikbud Republik Indonesia yang merupakan satu satunya badan akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan instusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

10. Sapto Ban-PT

Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online atau disingkat SAPTO merupakan platform untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online, yang diselenggarakan dan dikembangkan BAN-PT untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi.

11. LLDIKTI

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi atau disingkat LLDIKTI adalah lembaga yang kedudukannya
bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi dan Kemendikbud. LLDIKTI dipimpin oleh pejabat Eselon II yaitu seorang Kepala dibantu oleh Sekretaris.

LLDIKTI mengemban tugas untuk melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah tertentu. Dalam melaksanakan tugas tersebut, LLDIKTI memiliki fungsi-fungsi yang meliputi :

– Melaksankan pemetaan mutu Pendidikan tinggi
– Melaksankan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggraaan Pendidikan tinggi
– Melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi
– Melaksanakan fasilitiasi kesiapan perguruan tinggi dalam menjamin mutu eksternal
– Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi
– Mengelola data dan informasi di bidang mutu Pendidikan tinggi
– Melaksanakan administrasi LLDIKTI

12. SPADA Kemendikbud

SPADA adalah kependekan dari Sistem Pembelajaran Daring yang merupakan salah satu program
Kemendikbud Dikti untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di
Perguruan Tinggi.

13. SimLitabmas Kemendikbud

Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat atau disingkat Simlitabmas, merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan yang difungsikan untuk memberikan kemudahan kepada perguruan tinggi dalam mengelola kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

14. Sinta Kemendikbud

Sciece and Technologi Index atau disingkat SINTA, merupakan website yang telah di fasilitasi oleh Kemristekdikti untuk mereka yang memiliki karya dari penelitian yang dilakukan dan ingin mempublikasikan karyanya, sehingga semua sitasi penelitian seorang dosen tercatat dengan
baik, sumber data yang diambil dalam sitasi itu dari google scholar dan indexing scopus. Jika sebagai dosen, anda perlu mendaftar terlebih  dahulu, dan pendaftaran tidak dapat dilakukan setiap saat. Menunggu periode pembukaan berikutnya.

15. Arjuna Kemendikbud

Akreditasi Jurnal Nasional atau disingkat Arjuna merupakan website yang berisi informasi terkait tata cara, syarat & ketentuan dan jurnal-jurnal yang terakreditasi oleh Ditjen Dikti.

16. Garuda Kemendikbud

Gerbang Rujukan Digital atau disingkat Garuda merupakan platform yang difungsikan sebagai sumber untuk mencari jurnal bagi para dosen dan peneliti dimanapun. Sedangkan untuk jumlah artikel
yang ada di databases Garuda pada saat artikel ini ditulis sebanyak 1.403.895 dan 12.161 jenis jurnal.

Dengan adanya artikel ini diharapkan rekan-rekan dari civitas kampus dapat mengetahui dan memahami terkait platform/aplikasi atau program-program yang telah diluncurkan Kemendikbud guna mendukung dan memudahkan dalam proses pengembangan digitalisasi Kampus. yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 14 =